Psikotest Gambar | Contoh Soal Psikotes Gambar

Psikotes Gambar

Ada banyak tipe soal psikotes gambar, antara lain HTP, DAP, Tree Test dan Wartegg Test.  Bagaimana? Masih merasa asing dengan istilah-istilah diatas? Anda tidak perlu khawatir, berikut akan saya terangkan arti masing-masing psikotest gambar tersebut beserta contoh soal psikotes gambar nya.

HTP (House Tree Person Test)

Psikotest gambar HTP dikembangkan oleh John Buck pada tahun 1948. Dalam tes ini seorang peserta disuruh menggambar sebuah rumah, pohon dan manusia. Kemudia, hasil dari masing-masing gambar dievaluasi dari berbagai aspek untuk menilai karakter peserta tes.

Berikut aspek penilaian pada Psikotes  gambar HTP :

  1. Garis dan dinding mewakili ego seseorang. Garis dan dinding yang samar menunjukkan ego yang lemah, namun jika terlalu tebal menunjukkan kecemasan yang berlebihan.
  2. Atap rumah mewakili fantasi . Jika seorang peserta tes terlalu memperhatikan atap dalam menggambar rumah maka ia terlalu memperhatikan fantasi dalam kehidupan nyata.
  3. Pintu dan jendela mewakili interaksi atau keterbukaan dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Jika pada tes, peserta menggambar gordin atau penutup jendela lain maka dapat diartikan orang tersebut kurang terbuka dalam interaksi dengan orang lain.
  4. Tanah tempat landasan atau pondasi rumah menunjukkan penerimaan terhadap realita yang ada. Jika peserta tes menggambar rumah sekaligus ada tanah tempat rumah berpijak maka bisa diartikan orang tersebut bisa menerima realita kehidupannya dengan baik.

Draw A Person Test (DAP) – Gambar orang psikotes

Psikotes gambar selanjutnya adalah Draw a person test atau tes menggambar orang.  DAP adalah psikotes yang sederhana. Dalam tes ini peserta disuruh membuat 3 buah gambar orang pada 3 lembar yang terpisah yaitu gambar laki-laki, perempuan dan diri sendiri. Sebenarnya sebagai seorang muslim jujur saya agak berkeberatan dengan tes ini karena di dalam ajaran Islam dilarang menggambar mahluk bernyawa (manusia dan hewan terkecuali tumbuhan).  Namun karena tes ini sudah banyak digunakan dalam psikotes, maka hal ini sering menjadi dilema.  Saya disini hanya berusaha memberikan tips menghadapi Tes DAP semoga bisa bermanfaat.


Sistem penilaian pada tes DAP berdasarkan pada penilaian kuantitatif, maksudnya bukan berdasar bagus tidaknya gambar tapi berdasar ukuran kuantitatif tertentu. 3 ukuran kuantitatif yang menjadi dasar penilaian pada tes menggambar orang adalah sebagai berikut :

  1. Proporsi anggota tubuh, semakin proporsional (seimbang) maka skor yang diperoleh akan semakin tinggi.
  2. Kelengkapan anggota tubuh, semakin lengkap maka akan semakin tinggi skor yang diperoleh.
  3. Detail gambar, semakin detil gambar maka akan semakin tinggi pula skor yang diperoleh.

Tes Baumm  (Tree test)

Psikotes gambar selanjutnya adalah Baumm test atau sering juga disebut Tree test karena peserta tes disuruh menggambar pohon dengan persyaratan tertentu. Misal,  tidak boleh menggambar pohon berakar serabut seperti pohon kelapa. Tidak boleh menggambar rumput dll.  Selanjutnya hasil gambar pohon dari peserta akan dievaluasi untuk menilai karakter atau kepribadian peserta.

Ukuran kuantitatif yang menjadi dasar penilaian pada tree test sebenarnya sama dengan  psikotest gambar sebelumnya yaitu  aspek proporsionalitas, kelengkapan dan detail gambar. Yang berbeda hanya pada letak detil penilaian, misal pada tes menggambar pohon untuk posisi gambar pohon diata menunjukkan pribadi yang independen, sedangkan pada tes menggambar orang , peserta dengan gambar orang yang kurang memperhatikan detil kepala menunjukkan kurangnya kepedulian dan interaksi sosial.

Tips mengerjakan psikotes gambar

Agar sukses mengerjakan soal psikotes gambar hal yang paling penting adalah banyak berlatih karena tes ini dibatasi waktu. Jangan sampai ketika tes sudah dimulai anda belum tahu mau menggambar pohon apa atau orang yang seperti apa. Waktu pengerjaan soal psikotes gambar ini biasanya 5-10 menit. Cukup singkat ya, jadi sebaiknya persiapkan sebaik mungkin dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam mengerjakan.

Contoh Psikotes Gambar

Berikut beberapa contoh soal psikotes gambar dan jawabannya. Kalau anda merasa kurang mahir menggambar silahkan gunakan contoh gambar yang saya berikan sebagai model untuk berlatih. Usahakan untuk berlatih dengan batasan waktu 5-10 menit. Jika hasil gambar belum maksimal ulangi lagi sampai hasilnya bagus.

Contoh soal psikotes gambar

tes gambar psikotes

Gambar orang psikotespsikotes gambar pohon

 

 

Oke semoga bermanfaat, baca juga artikel seputar psikotes lainnya :

Tips mengerjakan Tes Wartegg , Pauli Test

 

3 Responses to Psikotest Gambar | Contoh Soal Psikotes Gambar

  1. sangat berguna sekali

  2. Ruly Endraswari says:

    bagaimana dengan orang yg memang tidak punya bakat menggambar dan tetap harus melalui tes tersebut .gambarnya pasti jelek .dari yang saya baca diatas, hasil gambar menentukan karakter pembuat .kalau hasilnya jelek, penilaian karakternya pun jelek dong .padahal belum tentu begitu kann .dengan gambar jendela mrnggambarkan orang yg tertutup .padahal niatnya ditambah gambar jendela untuk memperindah gambar yang dibuat .

  3. febri fajar says:

    tanks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>