Tes Kepribadian | Soal Tes Kepribadian Diri | Tes Psikologi Kepribadian

Tes Psikologi kepribadian

Dewasa ini banyak perusahaan baik BUMN maupun swasta yang  memasukkan tes kepribadian sebagai salah satu materi saringan masuk penerimaan karyawan. Sebenarnya tes kepribadian ini termasuk dalam tes psikologi atau lebih dikenal dengan sebutan  psikotes.

Ada beberapa jenis tes psikologi kepribadian, antara lain tes kepribadian spasial atau gambar. Dalam tes ini peserta disuruh menggambar sesuatu sesuai instruksi yang  hasilnya  akan dievaluasi oleh tim penilai untuk mengetahui kepribadian peserta tes. Beberapa tes kepribadian yang termasuk jenis spasial antara lain :

HTP (House Tree Person) test

yaitu peserta disuruh menggambar rumah, pohon dan orang dalam satu bidang.

DAP (Draw A Person)  test

Yaitu peserta disuruh menggambar manusia. Biasanya berupa seorang laki-laki, seorang perempuan dan diri sendiri dalam 3 lembar yang terpisah.

Tree test (Baumm test)

Yaitu peserta disuruh menggambar sebuah pohon dengan kriteria tertentu seperti tidak boleh berakar serabut seperti pohon kelapa, tidak boleh monokotil, tidak boleh menggambar rumput dll.

Wartegg test

Di tes kepribadian psikologi ini peserta disuruh melanjutkan 8 karakter menjadi masing-masing sebuah gambar utuh. Yang perlu diketahui bahwa gambar yang dibuat tidak harus saling berhubungan ataupun menggambarkan sebuah cerita. Jadi anda sebagai peserta boleh bebas menggambar apapun. Untuk lebih lengkap mengenai wartegg test silahkan lihat artikel saya sebelumnya Tips Lulus Wartegg Test

Dalam tes kepribadian menggambar ini, karakter seseorang akan terlihat dari cara dia menggambar dan bukan dari bagus tidaknya gambar. Misal seseorang yang menggambar  corat-coret atau banyak coretan menandakan pribadi yang peragu.  Contoh lain, dalam baumm test seseorang yang menggambar pohon di tengah kertas menandakan kemampuan beradaptasi dan luwes.

Selain tes kepribadian spasial atau gambar, ada juga jenistes kepribadian kuesioner atau pertanyaan. Di tes jenis ini peserta diharuskan menjawab kuesioner atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh penguji. Biasanya pertanyaan yang dilontarkan adalah hal-hal yang berkaitan dengan peserta tes.

Berikut beberapa jenis tes kepribadian kuesioner beserta contoh soalnya

Tes Kepribadian wawancara

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara kerja :

  1. Ceritakanlah bagaimana diri anda?
  2. Mengapa anda meninggalkan pekerjaan lama anda?
  3. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini ?
  4. Apakah anda merasa sukses?
  5. Apakah pendapat rekan kerja anda terhadap anda?

Tips menjawab tes kepribadian wawancara :

Bersikaplah tenang, jawab setiap pertanyaan dengan percaya diri yang terkontrol dan jangan berlebihan karena akan menimbulkan kesan sombong. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur apa adanya.  Jangan pernah menyalahkan atau menjelekkan orang lain, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang anda lamar sebelum tes. Untuk lebih jelas mengenai tes wawancara silahkan lihat di artikel sebelumya tips wawancara kerja

Tes Kepribadian Motivasi Kepemimpinan

Jawablah pertanyaan dibawah ini secara spontan sesuai dengan diri anda! Berilah skala 1-5 untuk setiap pertanyaan

  1. Saya merasa sangat senang jika ide-ide saya dipakai banyak orang
  2. Saya memotivasi orang untuk mengajukan saran-saran yang membangun untuk kemajuan bersama
  3. Saya tidak segam memberikan pujian tulus kepada orang yang telah bekerja dengan baik
  4. Saya sering memberi semangat kepada orang lain baik dalam keadaan mendapat kemudahan maupun kesusahan
  5. Pencapaian tujaun bersama adalah lebih penting bagi saya daripada tujuan pribadi

Dalam tes sebenarnya ada 14 soal, dimana jika anda mendapat jumlah skor  14-27 berarti motivasi menjadi pemimpin masih sangat rendah, 28-55 belum kuat (labil) dan 56-70 menandakan motivasi anda menjadi pemimpin sangat kuat.

Tes Kepribadian Kemampuan Bekerja dalam Tim  (Team Work)

Jawablah pertanyaan berikut dengan spontan sesuai dengan apa adanya diri anda. Berilah setiap pertanyaan dengan skala 1-10. Misal jika  pada pertanyaan pertama anda sangat percaya penuh pada rekan anda maka berilah skor 10 jika sangat tidak percaya maka berilah skor 1.

  1. Jika bekerja dengan rekan kerja , seberapa percayakan anda bahwa rekan anda akan bekerja dengan baik ?
  2. Seberapa besar anda menghargai rekan-rekan kerja anda dalam perusahaan?
  3. Seberapa besar anda peduli terhadap kesulitan yang dihadapi rekan kerja lain dalam tim?
  4. Seberapa baik anda menaati jadwal kerja yang telah disepakati dalam tim?
  5. Seberapa baik anda mendelegasikan wewenang dalam tim ?

Pauli /kraepelin test

Tes ini termasuk tes kepribadian, gunanya untuk mengukur bagaimana kemampuan seseorang untuk bisa bekerja dibawah tekanan. Dalam tes ini peserta disuruh menjumlahkan deret angka dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah dengan batas waktu tertentu dan harus berpindah ke deret berikutnya jika waktu untuk satu deret sudah selesai. Lebih jelasnya lihat artikel saya sebelumnya tips lulus pauli test

Oke, sekian dulu ya artikel tentang tes kepribadiannya semoga bisa menambah wawasan anda. Materi a atau pertanyaan yang dimuat di artikel ini saya ambil dari ebook psikotes karya Taufik Aqilla.  Untuk lebih mudah dalam belajar psikotes, saya sarankan anda untuk memilikinya.


 Semoga artikel tentang tes kepribadian ini bermanfaat, terima kasih atas kesediaan Anda untuk berbagi artikel ini dengan sahabat atau orang lain via tombol share FB dan Twitter dibawah ini.

Salam hangat

massageng.com

4 Responses to Tes Kepribadian | Soal Tes Kepribadian Diri | Tes Psikologi Kepribadian

  1. nelson baik says:

    Hehehehehe boleh juga nih.. hampir setiap tes psikotes masuk perusahaan, selalu menggunakan ilmu di atas. Tq gan

  2. Daniel says:

    Artikelnya sangat bermanfaat… Thanks..

  3. Makasih nih buat tes-tes kepribadian nya! Ada jawabannya pula. Hehehe :)

  4. cahyo says:

    bagus bngt,semoga jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>