Tes Potensi Akademik

Anda ingin tahu bagaimana cara lulus tes potensi akademik dengan mudah? Jika ya, simak artikel massageng.com kali ini tentang apa itu tes potensi akademik, tipe dan contoh soal serta 10 tips lulus tes potensi akademik. Oke … cekidot

Apa itu Tes Potensi Akademik tpa?

Tes potensi akademik (TPA) adalah serangkaian tes yang dirancang untuk mengetahui minat dan bakat seseorang dalam bidang akademis. Hasil tes potensi akademik identik atau paling tidak mencerminkan tingkat intelegensi seseorang, sehingga peserta dengan skor tpa tinggi dianggap memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi pula.

Namun jika Anda pernah mengikuti tes potensi akademik dengan hasil skor tidak terlalu tinggi, jangan berkecil hati karena hasil skoring tpa bisa ditingkatkan dengan banyak berlatih dan mengenal berbagai tipe soal yang berbeda. Selain itu, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, intelegensi seseorang tidak hanya diukur dengan skor tpa tapi lebih merupakan kombinasi dari berbagai faktor seperti kecerdasan emosi dan spiritualitas. Meskipun begitu, mengenal dan berlatih tes potensi akademik tetap diperlukan karena sampai sekarang tpa masih menjadi standar berbagai saringan masuk perguruan tinggi, CPNS, karyawan perusahaan swasta/BUMN, pengembangan jenjang karir dan beasiswa S1,S2,S3 baik dalam maupun luar negeri.

Tipe soal tes potensi akademik

Tes potensi akademik secara garis besar dibagi menjadi 4 tipe soal yaitu :

1. Tes verbal (kemampuan bahasa), yang dibagi menjadi 4 sub :

  • Tes sinonim (persamaan kata)
  • Tes Antonim (lawan kata)
  • Tes Padanan hubungan kata
  • Tes kelompok kata

2. Tes Numerik (kemampuan angka), yang dibagi menjadi 5 sub :

  • Tes aritmetik (hitungan)
  • Tes seri angka
  • Tes seri huruf
  • Tes logika angka
  • Tes angka dalam cerita

3.Tes logika, yang dibagi menjadi 4 sub :

  • Tes logika umum
  • Tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme)
  • Tes logika cerita
  • Tes logika diagram

4.Tes Spasial (gambar), yang dibagi menjadi 5 sub :

  • Tes padanan hubungan gambar
  • Tes seri gambar
  • Tes pengelompokan gambar
  • Tes bayangan gambar
  • Tes identifikasi gambar

Dalam sebuah tes potensi akademik, biasanya tidak semua tipe soal dikeluarkan tergantung pada maksud dan tujuan tes. Sebagai ilustrasi, Tpa untuk saringan masuk karyawan bank tentu berbeda dengan tpa saringan masuk desainer grafis. Begitu juga untuk tes potensi akademik yang lain tergantung dengan kemampuan apa yang dicari oleh penyelenggara tpa untuk mengisi posisi yang tersedia.

Fungsi tipe soal tes potensi akademik

  • Tes verbal digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa seseorang. Banyak kosa kata asing atau yang jarang digunakan keluar dalam soal tes potensi akademik verbal ini. Di artikel berikutnya akan diberikan daftar kata-kata yang sering muncul pada tes potensi akademik verbal, jadi silahkan dilanjutkan membaca.
  • Tes Numerik digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang angka tentang bagaimana cara berpikir terstruktur dan logis matematis.
  • Tes logika digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam hal penalaran dan pemecahan masalah secara logis atau masuk akal.
  • Tes spasial digunakan untuk mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang.

Contoh soal tes potensi akademik – Tes Logika Cerita

Ada 8 kotak peti yang masing-masing diberi nomor 1-7. Buah jambu, melon, semangka jeruk, mangga dan durian akan dimasukkan ke dalam peti-peti tersebut dengan aturan sebagai berikut :

  1. Durian harus dimasukkan ke peti nomor 4;
  2. Semanggka tidak boleh diletakkan tepat disamping melon;
  3. Jeruk harus diletakkan disamping mangga.

Jika melon diletakkan di peti nomor 2, maka mana yang tidak boleh dilakukan  ?

A. Semangka diletakkan di peti nomor 3

B. Jeruk diletakkan di peti nomor 5

C. Mangga diletakkan di peti nomor 7

D. Semangka diletakkan di peti nomor 5

E. Jambu diletakkan di peti nomor 1

Contoh soal tes potensi akademik – Tes Aritmetika

1. 8,0049 : 0,0015 =

A. 5336,6

B. 533,66

C. 53,366

D. 53366

E. 533,55

 

2. Berapakah nilai27,5% dari 200 ?

A. 45

B. 550

C. 55

D. 54

E. 54,5

 

3. akar(25/36 x 49/9) =

A. 18/35

B. 35/18

C. 35/9

D. 35/54

E. 18/54

 

4. 0,012 : 3 =

A. 0,04

B. 0,0004

C. 0,4

D. 0,040

E. 0,004

 

5. 7,95 : 3

A. 3,65

B. 2,65

C. 2,56

D. 1,65

E. 2,66

Tips mengerjakan tes potensi akademik numerik dengan cepat

Untuk bisa mengerjakan tes numerik dengan cepat, anda harus menghapal persamaan beberapa pecahan yang sering muncul dalam soal tes potensi akademik (TPA) numerik. Berikut beberapa persamaan pecahan yang sering muncul dalam tes numerik :

0,125 = 1/8

0,375 = 3/8

0,625 = 5/8

0,75 = 6/8

0,875 = 7/8

0,20 = 1/5

0,40 = 2/5

0,60 = 3/5

0,80 = 4/5

0,33 = 1/3

0,167 = 1/6

0,83 = 5/6

0,67 = 2/3

Daftar kata yang sering muncul dalam tes potensi akademik verbal

  1. Kolateral = jaminan
  2. Equilibrium = Keseimbangan, kesetimbangan
  3. Artifact = benda-benda arkeologi
  4. Edifikasi = sikap dan tauladan
  5. Pedagogi = ilmu tentang cara mendidik
  6. Aptitude = Bakat, kecerdasan, ketangkasan
  7. Afiks = imbuhan
  8. Floating mass = masa mengambang
  9. Intermediari = penengah, perantara
  10. Suffiks = akhiran (imbuhan di akhir kata)

10 Tips lulus tes potensi akademik

  1. Sebelum mengerjakan tes potensi akademik, biasanya peserta diberi waktu untuk mengisi data diri pada lembar jawaban sesuai petunjuk pengawas. Yakinkan bahwa data diri yang anda isikan sudah benar sesuai petunjuk, karena jika salah maka semua jawaban anda tidak akan berarti dan mendapat nilai nol.
  2. Mulailah mempersiapkan diri anda satu-tiga bulan sebelum pelaksanaan tes potensi akademik. Berlatihlah mengerjakan berbagai tipe soal berbeda hingga anda terbiasa. Jangan lupa untuk selalu mematuhi batasan waktu yang diberikan pada soal. Misal 25 soal dengan waktu pengerjaan 30 menit, maka usahakan untuk bisa mengerjakan sesuai waktu standar yang ditetapkan dan jika bisa kurang dari 30 menit itu lebih baik.
  3. Dalam tes potensi akademik, biasanya angka pada soal yang diberikan bisa dihitung tanpa harus menggunakan rumus matematika yang rumit atau kalkulator. Meskipun kelihatannya rumit, yakinlah sebenarnya angka-angka dalam soal tpa bisa disederhanakan. Biasakan untuk berpikir mudah dan sederhana, tidak perlu menghafal banyak rumus matematika karena akan membebani pikiran. Berlatihlah untuk berpikir secara logis dan terstruktur sehingga bisa mengerjakan soal dengan cepat dan benar.
  4. Pada saat mengerjakan soal, kondisikan fisik dan mental dalam keadaan rileks. Meskipun perasaan tegang pasti ada, namun usahakan jangan sampai berlarut-larut karena akan sangat berpengaruh pada proses dan daya pikir anda.
  5. Sebelum mulai mengerjakan tes potensi akademik, lihatlah jumlah soal dan alokasi waktu yang disediakan. Misal ada 10 soal diberikan waktu mengerjakan selama 5 menit, maka alokasi waktu per soal adalah 30 detik, usahakan untuk bisa mengerjakan dalam waktu 25 detik, jika belum bisa juga maka segera beralih ke soal berikutnya. INGAT !!! jangan sekali-kali melewati jatah alokasi waktu per soal. Untuk bisa melakukan tips ini, pakailah jam tangan untuk memudahkan mengetahui alokasi waktu yang sudah terpakai.
  6. Usahakan untuk bisa menabung waktu untuk tiap soal, misal alokasi waktu per soal 30 detik dan anda bisa mengerjakan dalam waktu 24 detik, maka ada sisa waktu 6 detik. Jika ada 30 soal yang dikerjakan akan ada sisa waktu 1,5 menit yang bisa anda gunakan untuk memeriksa ulang jawaban atau mengerjakan soal yang belum selesai.
  7. Jangan pernah penasaran dengan satu soal yang sulit. Ingat aturannya, jika bertemu soal yang sulit atau belum pernah latihan soal dengan tipe sejenis maka lewati saja karena pasti akan memakan banyak waktu dan belum tentu terjawab.
  8. Dalam tes potensi akademik, bobot semua soal adalah sama. Jadi jangan beranggapan soal yang sulit akan mendapat skor yang lebih tinggi. Kerjakan soal yang menurut anda mudah atau anda sudah tahu cara mengerjakannya melalui latihan soal sebelumnya.
  9. Banyaklah berdoa pada Tuhan YME, bagi anda yang muslim sebelum mulai mengerjakan tes potensi akademik,sempatkan waktu untuk sholat hajat (sholat sunat untuk memohon hajat tertentu), berdoalah kepada Allah SWT agar diberi kemudahan saat mengerjakan soal. Setelah sebelumnya kita berusaha dengan banyak latihan soal, kepasrahan kepada kehendak Allah SWT akan menggerakkan kondisi fisik dan mental untuk rileks dan siap menghadapi tekanan seberat apapun ketika mengerjakan soal.
  10. Setelah selesai mengerjakan tes potensi akademik dan anda mengetahui hasilnya, evaluasi kekurangan yang ada. Misal nilai anda bagus untuk tes verbal tapi jatuh pada tes numerik, maka berlatihlah lebih banyak soal-soal tes numerik. Selama kita berusaha sungguh-sungguh insya Allah akan berhasil.

Semoga artikel tips lulus tes potensi akademik ini bermanfaat, banyaklah berlatih mengerjakan berbagai tipe soal tpa yang berbeda. Untuk memudahkan latihan soal, anda bisa membeli buku atau ebook soal-soal tes potensi akademik lengkap beserta pembahasannya sehingga proses belajar lebih terarah.

 tes potensi akademik

Terima kasih atas kesediaan anda membaca dan berbagi artikel tips lulus tes potensi akademik ini dengan teman atau kolega. Untuk share artikel bisa via tombol share facebook dan twitter dibawah postingan ini dan semoga kesediaan anda berbagi bermanfaat untuk orang lain.

 

Baca juga artikel terkait :

Tips Lulus Pauli TestTes Potensi Akademik Online

 

Wassalamualaikum,

massageng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>