Warteg test | tips mengerjakan tes wartegg

Ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan swasta/BUMN , biasanya calon karyawan akan menjalani serangkaian tes yang bertujuan untuk memilih orang yang sesuai dengan posisi jabatan yang ditawarkan. Tes ini bisa bermacam-macam tergantung penyelenggara tes, bisa berupa psikotes atau tpa (tes potensi akademik). Ada beberapa jenis soal psikotes yang sering dipakai sebagai alat tes seleksi, antara lain pauli test dan wartegg test.

Apa itu wartegg tes ?

Tes wartegg adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan kepribadian seseorang  yang berkaitan dengan tujuan seleksi.  Tes ini pertama kali dikembangkan oleh Krueger dan Sander dari universitas leipzig yang tujuan utamanya adalah eksplorasi kepribadian dasar manusia seperti emosi, imajinasi, kontrol, fungsi realitas yang ada pada setiap orang namun berbeda intensitas dan interelasinya.

Dalam wartegg test , ada 8 kotak yang berisikan 8 simbol berbeda yang masing-masing harus anda kembangkan menjadi 8 gambar utuh berbeda. Berikut gambar 8 simbol nya :

wartegg test

Deskripsi jawaban wartegg test :

  1. Gambar 1 menunjukkan kemampuan proses adaptasi seseorang terhadap lingkungannya
  2. Gambar 2 menunjukkan fleksibilitas perasaan
  3. Gambar 3 menunjukkan motivasi atau dorongan hasrat untuk maju
  4. Gambar 4 menunjukkan standar bagaimana cara seseorang mengatasi kesulitan dan masalah
  5. Gambar 5 menunjukkan bagaimana cara seseorang bertindak dan mengambil keputusan
  6. Gambar 6 menunjukkan analisa dan pola pikir
  7. Gambar 7 menggambarkan perasaan dan emosi seseorang
  8. Gambar 8 menunjukkan bagaimana cara seseorang dalam menjalin sebuah hubungan sosial

wartegg test tips

  1. Boleh menggambar apa saja, karena tidak ada batasan apa yang harus digambar seperti pada tes menggambar pohon, tapi usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian. Boleh dimulai dari simbol mana saja yang menurut anda paling mudah.
  2. Ketika menggambar tidak harus urut dari simbol yang pertama (paling kiri atas) , namun yang perlu diingat adalah untuk mencantumkan nomor setelah selesai. Misal , anda memualai dari simbol kotak hitam (pojok kanan atas), maka setelah selesai berilah nomor 1 di luar kotak yang tersedia dan begitu seterusnya. Tapi jika anda seorang laki-laki sebaiknya jangan memulai gambar dari pola lengkung begitu juga sebaliknya karena anda akan dianggap memiliki kepribadian aneh oleh penilai.
  3. Menggambarlah dengan goresan tajam dan jelas. Jangan menggambar dengan goresan tipis dan buram karena akan menggambarkan kepribadian yang lemah dan ragu-ragu.
  4. Usahakan agar jangan terlalu banyak coretan karena terlalu banyak coretan menggambarkan kurangnya perencanaan.
  5. Gambar sesuatu yang jelas orang tahu itu gambar apa ketika melihat. Misal, ketika menggambar pensil maka harus jelas itu gambar pensil dan bukan objek yang lain.
  6. Usahakan agar dari 8 gambar yang anda buat, ada paling tidak 1 gambar mahluk hidup seperti tanaman, hewan atau manusia pada simbol dengan bentuk dasar lengkung yaitu pada simbol nomor 2,7 dan 8), namun jika anda seorang muslim sebaiknya menggambar pohon atau bunga saja karena menggambar manusia dan hewan dilarang dalam Islam.
  7. Gunakanlah pensil 2B ketika menggambar wartegg test agar lebih terlihat jelas. Gambar yang dibuat tidak harus berkaitan satu sama lain (tidak harus membentuk sebuah cerita), gambarlah sesuai imajinasi dan kreatifitas anda.

Wartegg test contoh

Berikut contoh wartegg test yang sudah jadi, anda bisa berlatih dengan mencontoh gambar atau ide nya.

Jawaban wartegg test

 

Biasanya dalam tes wartegg ada beberapa instruksi tambahan yang dibacakan oleh pengawas. Ingat baik-baik instruksi yang diberikan karena biasanya hanya dibacakan secara lisan diawal pelaksanaan wartegg test dan jika instruksi ini tidak anda lakukan maka akan mengurangi nilai.

Beberapa instruksi yang sering diberikan dalam tes wartegg antara lain :

  • Sebutkan gambar yang paling anda sukai dan jelaskan alasannya !
  • Sebutkan gambar yang paling tidak anda sukai dan alasannya !
  • Sebutkan gambar yang paling mudah anda selesaikan !
  • Sebutkan gambar yang paling sulit anda selesaikan !

Soal-soal psikotes identik dengan soal tpa (tes potensi akademik) dan biasanya kedua tes ini digunakan dalam seleksi karyawan atau seleksi masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, selain mempelajari psikotes seperti tes wartegg dan pauli test , sebaiknya anda juga belajar soal-soal tpa karena dengan banyak mengenal tipe soal tpa anda akan lebih mudah mengerjakannya.


Semoga artikel tentang wartegg test ini bisa bermanfaat untuk anda, dan terima kasih atas kesediaan anda berbagi artikel ini dengan teman atau orang lain via tombol share FB dan Twitter.

Salam Hangat

Agung Rikhi Umboro

4 Responses to Warteg test | tips mengerjakan tes wartegg

  1. fajar says:

    Mantap… Jempol

  2. sandi says:

    makasih banyak tips dan trik nya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>